Digital brand engagement
Sebelum gue mulai pembahasan tentang digital brand engagement, gue akan coba bahas dulu apa itu brand engagement. Brand engagement adalah proses untuk membangun ikatan emosional antara orang dan sebuah brand. Karena adanya perkembangan di bidang teknologi, brand engagement juga dapat dibangun melalui internet, maka disebut juga digital brand engagement. Lalu pertanyaannya, kenapa sih digital brand engagement itu penting? Karena dengan perkembangan teknologi dan internet, konsumen mendapat lebih banyak pilihan sehingga loyalitas konsumen pada sebuah brand menurun, disinilah peran digital brand engagement, dengan hubungan emosional yang baik antara konsumen dan sebuah brand, maka loyalitas akan tercipta.Sebelum kita membuat strategi digital brand engagement, ada beberapa yang harus kita ketahui :
People/Consumer | Who are they? | What are their values? | What motivates them? | How do they behave? |
Location | Where are they? | Are they just an Observer? | Are they a Participant? | Or are they Active Contributor? |
Influence | Reach of conversation? | Authority of dialogue and site? | Volume and amount of buzz? | Sentiment - (positive, negative, neutral)? |
Brand Association | Are they inquisitive and looking for info? | Are they about to commit to the Brand? | Are they loyal brand advocates? | Are they brand opponents? |
Setelah kita mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas, maka kita dapat membuat strategi digital brand engagement yang lebih baik dan lebih akurat. Dibawah ini juga ada pendekatan-pendekatan yang bisa digunakan untuk menciptakan digital brand engagement yang baik.
People/Consumer | Create virtual representative consumer groups | Understand why they need your brand | Outline what aspects of the brand appeal to them | Create content that has a value to each group |
Location | Be present and available in the relevant online areas | Be visible and offer free information | Provide a platform/mechanism for interaction | Engage with them observing the right etiquette |
Influence | Prioritise the key influences | Stimulate inter consumer dialogue | Provide status and recognition for influencers | Address negative comments by helping |
Brand Association | Maximise your advocacy into creating interest | Encourage inter consumer dialogue to minimise risk of commitment | Reward your advocates and people loyal to your brand | Reduce brand opponency where possible |
Selain fokus kepada digital brand engagement, kita juga tidak boleh merupakan traditional brand engagement karena walaupun perilaku konsumen sudah berubah kearah digital, tetap saja traditional brand engagement memegang peran yang pentin. Sekian dulu corat-coret gue kali ini, cheers!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar