Jumat, 08 Mei 2015

Bedah Brand : EIGER



Karena beberapa waktu lalu kelas brand management didatangi oleh dosen tamu dari EIGER, maka gue putuskan untuk nulis beberapa hal yang gue dapet waktu perkuliahan kemaren. Jadi EIGER ini adalah sebuah brand yang berasal dari Bandung dan fokus menjual perlengkapan adventure. EIGER sendiri didirikan pada tahun 1993. Ada beberapa hal yang menurut gue menarik dari EIGER ini dan gue akan coba bahas satu-persatu dibawah.

1. Banyak yang mengira bahwa EIGER adalah produk luar negri.
Menurut gue ini unik karena ada beberapa yang menyebabkan konsumen berpikir bahwa EIGER adalah produk luar negri. Pertama, EIGER memang memposisikan dirinya sebagai brand yang mampu bersaing dengan kualitas luar negri. Kedua, karena kebanyakan produk outdoor yang tersedia dipasar adalah brand luar negri, maka banyak konsumen mengansumsikan bahwa eiger ada brand luar negri.

2. Mendapat 'bonus' konsumen

EIGER sudah melakukan segmenting, targeting, dan positioning dengan detail dan memilih mengambil market yang menyukai kegiatan outdoor. Tetapi ada juga beberapa konsumen EIGER yang tidak 'outdoorsy'. Karena hal tersebut, maka EIGER juga meluncurkan brand baru yaitu Bodypack untuk menyerap market tersebut. Hal yang menarik adalah walaupun EIGER sudah melakukan STP dengan tepat, ada saja anomali yang menyebabkan EIGER mendapatkan bonus konsumen, karena itu Manajemen adalah gabungan art and science.

3.Revenue Stream
Selain menjual produknya, EIGER juga mendapatkan revenue streamnya dari jasa reparasi dan pencucian backpack/carrier yang disediakan oleh EIGER. Selain menambah revenue stream, hal ini juga bisa menjadi kelebihan dari EIGER karena menyediakan after sale service.

Sekian dulu corat-coret gue kali ini, cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar