Jumat, 08 Mei 2015

Bedah Brand : Pecel Lele LELA


Bedah brand kali ini, gue akan membahas tentang tempat makan yang cukup unik yaitu Pecel Lele LELA. Usaha ini didirikan pada tahun 2006 oleh Rangga Umara. Dengan modal 3juta rupiah, sekarang Pecel Lele LELA sudah mendapatkan omset 1.8 milliar per bulan. Ada beberapa hal yang gue jadi daya tarik Pecel Lele LELA ini, langsung aja ya gue bahas dibawah ini.

1. Nama
Kata LELA dari Pecel Lele LELA sendiri berarti "Lebih Laku, menurut gue nama ini juga cocok untuk gerai-gerai Pecel Lele LELA karena kebanyakan gerai sudah menempati tempat yang dapat dikatakan 'bagus' dibandingkan tempat pecel lele lainnya, nama Pecel Lele LELA memberikan kesan down to earth sehingga dapat menarik pelanggan dari berbagai macam kalangan.

2. Program Promosi
Ada beberapa promosi yang dilakukan Pecel Lele LELA yang menurut gue unik banget dan menjadi daya saing yang tinggi bagi tempat-tempat makan lainnya.
  • Jika anda bernama "Lela" anda boleh makan gratis seumur hidup. WOW, menurut gue hal ini sangat unik dan gue belum pernah gue temui di restoran lain sebelumnya.
  • Jika anda ulang tahun maka boleh makan gratis, kalo yang satu ini sih udah ada beberapa restoran yang ngelakuin, tapi tetap aja jadi nilai tambah Pecel Lele LELA.
  • Ini juga menurut gue unik, disaat restoran-restoran lain memajang foto-foto artis yang makan, Pecel Lele LELA justru hanya memajang foto-foto konsumen yang mampir ke gerai mereka.
3. Tempat
Selain jadi fasilitas, gerai yang digunakan oleh Pecel Lele LELA ini menurut gue juga jadi differensiasi dan added value bagi konsumen. Disaat pecel lele lain berada di pinggir jalan, Pecel Lele LELA menawarkan tempat yang nyaman untuk menikmati hidangan lele.

Tapi ada beberapa hal yang menurut gue perlu diperbaiki di Pecel Lele LELA.

1. Logo

Karena sebelumnya logo Pecel Lele LELA mendapatkan 'protes' dari Starbuck maka Pecel Lele LELA mengganti logonya menjadi gambar yang digunakan diatas. Walaupun sudah mengganti logonya, menurut gue logo yang sekarang digunakan kurang memberikan impact yang menunjukkan promosi promosi unik Pecel Lele LELA.

2. Variasi Menu

Karena variasi menunya yang dapat dibilang dikit, gue anjurkan Pecel Lele LELA menambah varian menu baik yang menggunakan bahan baku lele ataupun bukan karena dengan adanya variasi menu juga dapat menambah range konsumen Pecel Lele LELA.

Sekian dulu corat-coret gue kali ini, cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar