Rabu, 06 Mei 2015

Building Brand Equity


Karena brand equity sangat penting, maka kita harus membangun brand equity sesuai dengan tujuan kita agar dapat mengirimkan pesan yang tepat kepada konsumen kita. Brand equity harus kita kelola karena brand equity termasuk intangible asset. Merk yang memiliki brand equity yang kuat memiliki daya tarik yang tinggi juga untuk konsumen.

Menurut Kevin Lane Keller ada 3 hal yang mendorong pertumbuhan brand equity yaitu brand element, program dan aktivitas marketing, dan brand association. Sekarang gue akan coba bahas satu-persatu

Brand Elements

Untuk meningkatkan brand awareness, kita dapat mendesain brand elements dengan kebutuhan kita agar dapat memfasilitasi brand association yang kuat dan unik. Beberapa brand elements yang dapat kita gunakan adalah nama, logo, slogan, simbol, packaging, dan karakteristik. Untuk mendapatkan brand awareness yang kuat kita harus menggunakan brand elements yang mudah diingat, kompetitif, fleksibel, dapat dipercaya dan mudah dimengerti oleh semua budaya.

Program dan Aktivitas Marketing

Program dan aktivitas marketing dapat membantu kita untuk menfasilitasi peningkatan brand awareness dan juga membantu kita untuk menciptakan brand image yang baik. Program dan aktivitas marketing harus disesuaikan dengan marketing mix yang kita gunakan karena sebaik apa pun brand management yang kita lakukan, produk tetap jadi first frontier untuk brand kita.

Brand Association

Brand asosiasi penting untuk membangun brand equity karena brand asosiasi menciptakan brand image yang positif untuk meningkatkan market share. Selain itu, brand asosiasi juga membantu kita untuk menyampaikan informasi kepada konsumen, menjadi reason-to-buy, jadi differensiasi/positioning dan menjadi dasar untuk extension.

Sekian dulu corat-coret gue untuk entry kali ini cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar