Kamis, 14 Mei 2015

Brand Loyalty

Brand loyalty adalah kondisi dimana seorang konsumen menggunakan produk/jasa dari brand yang sama. Dengan ketatnya persaingan, banyak brand yang berlomba-lomba untuk membuat konsumen loyal kepada brandnya masing-masing. Belum lagi dengan adanya perkembangan di bidang teknologi yang menyebabkan konsumen lebih cepat berpaling dari satu brand ke brand lainnya. Gue akan bahas beberapa cara yang dapat kita lakukan agar kita dapat membangun brand loyalty.

1. Make a good first impression
Banyak konsumen yang akan mengingat first impression saat menggunakan produk/jasa sebuah brand maka sebaiknya kita memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin. Jika kita memberikan first impression yang buruk, maka kita akan mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk memperbaikinya.

2. Keep in touch with customer
Setelah mendapatkan impresi yang bagus dari konsumen, sekarang kita dapat menjalin hubungan dengan konsumen. Ada beberapa cara untuk tetap berhubungan dengan konsumen misalnya mengirimkan ucapan ulang tahun atau memberikan catalog produk yang akan diluncurkan.

3. Let people connect with you on their own terms
Saat kita menjalin hubungan dengan konsumen, berikan pilihan kepada konsumen apakah mereka mau mendapatkan e-mail newsletter atau tidak, apakah mereka ingin dikirimi catalog produk tiap minggu atau tidak, karena ada beberapa konsumen yang merasa terganggu dengan adanya hal-hal semacam itu.

4. Set the stakes high
Buat konsumen berinvestasi di brand kita. Contohnya, dengan adanya member card, konsumen akan lebih loyal karena jika mereka berpaling ke brand lain, maka biaya pembuatan member card akan sia-sia.

5. Reward your customer
Dengan memberikan reward untuk repeat customer, maka ada kemungkinan besar konsumen tersebut akan datang lagi dan lagi sehingga menjadi loyal customer. Ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk memberikan reward, misalnya potongan harga, bonus dan benefit lainnya.

Sekian dulu corat-coret gue tentang brand loyalty, Cheers!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar