Rabu, 13 Mei 2015

Bedah Brand : Telkomsel

 

Karena beberapa waktu lalu kelas brand management gue diisi oleh dosen tamu dari Telkomsel, maka gue akan coba sharing apa yang gue dapet dari kelas dosen tamu kemaren. Pertama-tama Kak Isti (dosen tamu dari Telkomsel) membuka kelas dengan pertanyaan-pertanyaan simple dan menayangkan beberapa campaign dari Telkomsel.Yang menarik dari Telkomsel adalah disaat provider yang lain mencoba untuk terlihat 'global', Telkomsel hadir dengan tagline "Telkomsel Paling Indonesia". Dijelaskan juga oleh Kak Isti, Telkomsel memilih tagline tersebut karena visi dan misi Telkomsel tidak sekedar menjadi provider telepon genggam tetapi juga menjadi pendorong perkembangan Indonesia dibidang digital. Dari presentasi yang ditampilkan kemaren, gue menarik kekurangan dan kelebihan Telkomsel yang akan gue jelaskan dibawah ini.

Kelebihan:
  • Telkomsel memegang market share terbesar dibidang service provider
  • Berperan aktif dalam kegiatan sosial (CSR)
  • Telah memenangkan 240 award tingkat nasional
  • Salah satu promotor 4G di Indonesia
  • Memiliki brand equity yang besar
  • Punya brand awareness dan asosiasi yang kuat di masyarakat
  • Memiliki brand image yang baik
Kekurangan:
  •  Karena banyaknya produk yang diluncurkan, Telkomsel dianggap konsumen tidak konsisten dan kehilangan fokus
  • Telkomsel dianggap sebagai provider untuk 'orang tua' karena logo dan pesan yang disampaikan, padahal Telkomsel tidak melakukan segmentasi berdasarkan umur
  • Banyak yang menganggap bahwa Telkomsel boros dan mahal
  • Pesan yang disampaikan oleh Telkomsel melalui iklan dan campaignnya dianggap tidak jelas
Ada beberapa yang menurut gue perlu dilakukan oleh Telkomsel agar menjadi lebih baik
  1. Merubah cara penyampaian pesan kepada konsumen karena terbukti tidak efektif.
  2. Karena sudah dikenal sebagai provider premium, sebaiknya Telkomsel fokus untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan mengincar niche market.
  3. Melakukan aktivasi marketing kepada generasi muda yang nantinya akan menjadi konsumen utama Telkomsel
Sekian dulu corat-coret gue, Cheers!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar