Brand Trust
Pada Januari 2009, Concerto Marketing melakukan sebuah research tentang brand trust. Hasil penelitiannya mengungkapkan jika seseorang telah mempercayai sebuah brand maka ia akan:
- 83% merekomendasikan kepada orang lain
- 82% akan menggunakan produk/service lebih sering
- 78% akan mencoba produk/service baru yang ditawarkan brand tersebut
- 50% rela membayar lebih untuk produk/service tersebut
Dengan demikian, orang akan membeli lebih banyak, mencoba lebih banyak dan membayar lebih banyak jika sudah percaya pada suatu brand. Dari penelitian lebih lanjut, didapatkan juga 6 penggerak dari brand trust yang akan gue bahas dibawah ini.
- Stability : Sebuah brand harus memiliki stabilitas agar dapat dipercaya oleh konsumen
- Development : Sebuah brand harus tetap berinovasi dan berkembang
- Relationship : Sebuah brand harus menciptakan hubungan dengan konsumen
- Benefit : Sebuah brand harus memberikan nilai lebih melalui produk/servicenya agar dapat dipercaya konsumen
- Vision : Sebuah brand harus memiliki visi yang jelas dan terarah
- Competence : Sebuah brand harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan keinginan konsumen
Jadi bagaimana kita dapat mendapatkan kepercayaan konsumen?
- Establish the strength of trust drivers.
- Define the trust drivers.
- Refine the tactics.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar