Rabu, 13 Mei 2015

Brand Trust

Pada Januari 2009, Concerto Marketing melakukan sebuah research tentang brand trust. Hasil penelitiannya mengungkapkan jika seseorang telah mempercayai sebuah brand maka ia akan:
  • 83% merekomendasikan kepada orang lain
  • 82% akan menggunakan produk/service lebih sering
  • 78% akan mencoba produk/service baru yang ditawarkan brand tersebut
  • 50% rela membayar lebih untuk produk/service tersebut
Dengan demikian, orang akan membeli lebih banyak, mencoba lebih banyak dan membayar lebih banyak jika sudah percaya pada suatu brand. Dari penelitian lebih lanjut, didapatkan juga 6 penggerak dari brand trust yang akan gue bahas dibawah ini.

  1. Stability : Sebuah brand harus memiliki stabilitas agar dapat dipercaya oleh konsumen
  2. Development : Sebuah brand harus tetap berinovasi dan berkembang 
  3. Relationship : Sebuah brand harus menciptakan hubungan dengan konsumen
  4. Benefit : Sebuah brand harus memberikan nilai lebih melalui produk/servicenya agar dapat dipercaya konsumen
  5. Vision : Sebuah brand harus memiliki visi yang jelas dan terarah
  6. Competence : Sebuah brand harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan keinginan konsumen
 Jadi bagaimana kita dapat mendapatkan kepercayaan konsumen?
  • Establish the strength of trust drivers.
  • Define the trust drivers.
  • Refine the tactics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar