Minggu, 15 Maret 2015

Brand Strategies Part 2


Entry kali ini gue akan melanjutkan tentang brand strategy yang udah sebagian gue bahas pada entry sebelumnya, kali ini gue akan bahas 5 brand strategy lainnya. Langsung aja gue bahas ya.

1. Multi Brand Strategy
Strategi ini biasanya dipakai oleh perusahaan yang sudah kuat dan berada pada pasar yang jenuh. Jadi jika menggunakan strategi ini perusahaan akan meluncurkan produk yang biasanya memiliki spesifikasi dan target pasar yang sama tetapi menggunakan merk yang lain. Tujuannya adalah mengambil target pasar sebanyak-banyaknya. Biasanya jika menggunakan strategi ini akan terjadi kanibalisasi antar merk. Contohnya Volkswagen mengeluarkan beberapa merk kelas premium yaitu Audi, Bentley, Bugatti dan Lamborghini.



2. Private Labels
Strategi ini biasanya dilakukan oleh pihak retailer. Biasanya brand yang namanya tidak begitu kuat lebih baik berkerja sama dengan pihak retailer untuk membuat merk atas nama pihak retailer untuk produknya. Contohnya adalah tissue yang dijual atas merk dagang Carrefour biasanya diproduksi oleh perusahaan lain.
3. Individual/Organizational Branding
Strategi ini menggunakan orang/organisasi sebagai merk. Untuk individual branding, biasanya perusahaan menggunakan nama dan jenjang karir orang tersebut sebagai strategi branding. Contohnya adalah Fred Perry(Atlet Tennis).




4. CrowdSouring Branding
Strategi ini adalah kebalikan dari metode tradisional. Crowdsourcing menggunakan opini konsumen untuk membangun sebuah brand. Kelebihan dari strategi ini adalah meminimalisir adanya brand failure. Contoh perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah Budweiser. Perusahaan ini membuat event yang dinamakan "Project 12" dimana konsumen dapat memilih varian beer baru dan nama beer tersebut.



5. Nation Branding
Strategi ini bertujuan untuk mengukur, membangun, dan manage reputasi dari sebuah negara. Untuk Indonesia sendiri masih sedikit sekali yang menggunakan strategi ini. Contoh produk yang menggunakan strategi ini adalah produk Damn I Love Indonesia ciptaan VJ Daniel.


Sekian corat-coret gue kali ini tentang Branding Strategies. Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar