Minggu, 01 Maret 2015

Brand Elements Part 1

 


Pernah kepikiran ga sih kenapa suatu perusahaan berani mengeluarkan biaya besar untuk membuat sebuah brand? Dari pembuatan logo hingga pembuatan jingle. Perusahaan berani mengeluarkan biaya yang besar karena brand element sangat berpengaruh terhadap kesuksesan suatu brand. Sebelum membuat brand, ada beberapa brand elemen yang harus diperhatikan agar nantinya brand dapat berkembang dengan baik.

1. Brand Names
Pemilihan nama sebuah brand tentu berpengaruh terhadap kesuksesan suatu brand.Ada penamaan sebuah brand yang biasa dilakukan.
a. The Blank Slate: Penamaan brand tidak ada hubungan dengan produk/jasa yang dijual(abstract). Contohnya Windows
b. Direct Approach: Penamaan brand sesuai/berhubungan dengan produk yang dijual. Contohnya Burger King
c. Coining a Name: Penamaan brand berdasarkan kata baru yang sebelumnya tidak ada. Contohnya Lazada/OLX

2. Logo
Untuk logo, ada beberapa yang perlu diperhatikan:
a. Simple
b. Memorable
c. Timeless
d. Versatile
e. Appropriate
Ada juga beberapa jenis logo yang dapat digunakan:

Combinationmark
Logotype/Workmark









Icon/Symbol












3. Colors
Seperti yang sudah pernah gue bahas pada entry sebelumnya, warna memiliki peran untuk menarik niat customer dari sisi psikologi.

4. Taglines
Slogan/taglines dapat membantu perusahaan untuk mengkomunikasian Unique selling proposition mereka. Contohnya AirAsia, Now Everyone Can Fly karena unique selling propositionnya adalah maskapai penerbangan murah.



Sekian dulu corat-coret gue kali ini, pada entry selanjutnya gue akan melanjutkan bahas tentang brand elements.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar