Minggu, 22 Februari 2015

Rebranding



Sebelum gue mulai, coba liat logo Pertamina dibawah ini

Pada 10 Desember 2005, Pertamina merubah logonya dari gambar kuda laut dan bintang menjadi panah dengan 3 warna. Tentu saja perubahan drastis ini tidak dilakukan dengan asal-asalan. Logo baru "P" yang membentuk panah menunjukkan bahwa pertamina bergerak secara dinamis. Tiga warna merah, hijau dan biru juga melambangkan beberapa hal. Biru mencerminkan Pertamina yang lebih handal dan dapat dipercaya, Hijau mencerminkan sumber daya dan kepedulian terhadap lingkungan dan merah mencerminkan ketegasan Pertamina. Alasan Pertamina mengganti logonya adalah adanya image baru yang ingin dibangun oleh Pertamina dan adanya pergantian kepemimpinan.

Selain alasan untuk membangun image baru perusahaan, ada beberapa alasan lain mengapa perusahaan melakukan rebranding. Beberapa alasan-alasan lainnya adalah:
  
Mergers, acquisitions and demergers. Rebranding yang dilakukan karena adanya merger/akuisisi biasanya ada perubahan karena adanya perubahan kepemilikan ataupun legal requirement. Contohnya rebranding untuk alasan ini adalah Bank Permata.

Repositioning. Repositioning dilakukan jika target pasar perusahaan sudah berubah dan perusahaan ingin memposisikan dirinya dengan image yang baru.

Reputasi yang buruk. Jika sebuah perusahaan mengalami sebuah kejadian dan mengakibatkan reputasi yang buruk, maka perusahaan dapat melakukan rebranding untuk membangun ulang image yang lebih baik.

Internationalisation. Karena adanya perbedaan budaya atau bahasa, beberapa perusahaan melakukan rebranding karena adanya kemungkinan logo/brand yang digunakan tidak sesuai dengan budaya atau memiliki arti yang buruk dalam bahasa/budaya lain.

Sekia dulu corat-coret gue kali ini. Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar