Brand Positioning
Pernah ga sih liat iklan service provider telepon seluler? Kalo diperhatikan tiap perusahaan mempunyai fokus tertentu yang mencoba "dijual" saat melakukan promosi. Jika kita lihat, Tri memberikan harga paket yang paling murah tetapi dari review banyak yang mengeluhkan lambatnya kecepatan internet serta seringnya terjadi gangguan pada jaringan telepon Tri. Selanjutnya, Indosat memberikan harga yang lebih tinggi daripada Tri dengan kualitas yang cukup baik. Untuk XL, harga yang ditawarkan relatif lebih mahal dari Indosat tetapi XL menawarkan paket-paket yang lebih bisa lebih murah dibandingkan Indosat untuk beberapa paket tertentu. Sedangkan Simpati memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan provider lain tapi diakui memiliki kualitas yang paling baik dan menjangkau area yang lebih luas. Untuk dipersingkat, gue sengaja buat matriks brand positioning untuk service provider:
- Standing out from the crowd, dengan adanya differentiation yang dilakukan, maka perusahaan kita menjadi unik dan mempunyai pembeda dengan perusahaan pesaing.
- Relevancy, jadi dengan adanya brand positioning target market kita akan aware tentang identitas perusahaan kita dan service apa yang akan kita coba deliver sehingga target market akan memilih kita sesuai dengan kebutuhan mereka.
- Single focused message, apa yang ingin kita sampaikan kepada konsumen dan apa kita inginkan sebagai identitas perusahaan kita. Sebagai contoh, Apple mempunyai message yang jelas yaitu sebagai barang premium sehingga mereka tidak mengeluarkan varian-varian untuk berbagai macam kalangan seperti Samsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar