Minggu, 08 Februari 2015

Marketing 101



Jadi senin kemaren di kelas brand management, Rex dosen gue nanya dikelas apa sih bedanya marketing dan branding. Ada beberapa jawaban yang muncul dari mahasiswa. Akhirnya Rex bilang, sebelum tau arti marketing, coba sebutin juga apasih tujuan akhir dari marketing. Banyak juga yang bilang kalo marketing tujuan akhirnya adalah naikin sales. Percis seperti gambar diatas, banyak yang ngomong kalo marketing itu marketing-sales-growth.

Dosen gue pun akhirnya ngomong, tujuan marketing sebenernya untuk naikin profit bukan sales, karena bisa aja sales suatu perusahaan naik tetapi profitnya tidak naik. Jadi tujuan akhir dari marketing adalah PROFIT.

Jadi bagaimana sih kita harusnya melakukan kegiatan marketing? Jadi kemaren marketing sendiri dijadi menjadi 3 kelompok besar.

1. Identifikasi
Pada tahap ini ada beberapa yang harus diidentifikasi oleh perusahaan agar kegiatan marketingnya bisa dilakukan secara mantap.
  • Competitor
  • Company
  • Change
  • Customer
 Masuk akal kan? Jadi sebelum kita mulai, kita harus tau siapa sih lawan kita? Apa keunggulan lawan dibandingkan perusahaan kita? Setelah itu kita identifikasi kelemahan perusahaan dan apa keunggulan dari perusahaan kita yang dapat menyaingi kompetitor. Selanjutnya kita juga harus tau perubahan yang kira-kira akan terjadi saat kita terjun kedalam suatu industri, misalkan perubahan harga, peraturan, dll. Lalu kita juga harus tau apa yang kustomer inginkan dan segmen mana yang akan kita layani.

2. Aktivitas Marketing
Pada tahap ini ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan agar tujuan marketing dapat tercapai. Beberapa aktivitas yang harus dilakukan adalah:

  1. Mengakuisisi konsumen. Tujuannya agar kita dapat merubah konsumen potensial menjadi kostumen.
  2. Pastikan agar konsumen melakukan pembelian berulang. Simple nya beli lagi dan lebih sering beli
  3. Beli lebih banyak, contohnya McD. Misalkan toko elektronik. Saat tujuan kita membeli sebuah komputer, maka kita akan ditawari aksesoris pelengkap dengan tujuan kita beli lebih banyak. Teknik ini juga sering disebut dengan cross selling.
  4. Buat konsumen menjadi loyal terhadap produk kita. Loyak yang dimaksudkan bukan hanya membeli produk berulang-ulang tetapi juga mampu merekomendasikan produk kita terhadap konsumen potensial yang mudah-mudahan pada akhirnya berubah menjadi konsumen tetap.
3. Result
Setelah melakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti diatas, apa sih yang kita ingin capai? Kalo bahasa kerennya "to what end?". Jadi ada beberapa tujuan mengapa kita susah-susah melakukan kegiatan marketing.
  1. Break Even Point. Simplenya sih, supaya perusahaan balik modal dan ga rugi.
  2. Profit. Seperti yang udah gue sebutkan diatas, salah satu tujuan marketing aja memperbesar profit perusahaan
  3. Sustainability/Growth. Disini perusahaan melakukan marketing untuk melakukan pengembangan maupun untuk sekedar bertahan agar tidak hilang dari pasaran. Contohnya adalah produk-produk yang sudah terkenal tetapi masih mengeluarkan budget besar untuk marketing. Contoh (Coca-Cola, Aqua, dll)
Sekian dulu corat-corat gue kali ini. Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar