Minggu, 22 Februari 2015


Bad Brand!



Seperti tulisan gue pada entry sebelumnya tentang rebranding, mungkin beberapa brand/logo dibawah ini perlu melakukan rebranding karena adanya perbedaan budaya, bahasa bahkan persepsi. Gue akan memberikan contoh-contoh blunder branding yang lain untuk memberikan contoh mengapa  branding dan market research itu penting.


Bisa dilihat, karena penamaan sebuah brand maka sebuah produk dapat mendapatkan image yang buruk. Jadi sebelum branding/membuat logo ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan seperti diatas.

  • Research. Sebelum branding, kita perlu melakukan research apakah nama yang kita akan gunakan memiliki arti yang buruk pada daerah dimana produk kita akan dipasarkan.
  • Strong Name. Nama yang unik dan mudah diingat penting karena pada daerah tertentu, beberapa kata sulit diucapkan sehingga penting untuk mencari nama yang gampang diucapkan secara universal seperti Coca-Cola.
  • Special Logo. Logo yang kita gunakan harus mudah diingat dan unik sehingga mudah dibedakan dengan logo-logo brand lainnya.
  • Colors. Seperti yang sudah gue bahas pada entry gue sebelumnya, warna dapat merubah persepsi seseorang tentang kualitas suatu produk. Warna juga memiliki arti khusus pada beberapa daerah. Misalkan warna merah di Indonesia melambangkan keberanian tetapi di China, warna merah melambangkan kebahagiaan. Maka penting bagi kita untuk melakukan research sebelum branding. Sekian dulu corat-coret gue kali ini cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar