Jumat, 06 Februari 2015

Brand Equity

Jadi kamis kemaren gue liat ada seorang bapak yang lagi nungguin lampu merah di jalan kopo. Terus bapak tersebut memanggil seorang pedagang kaki lima dan si bapak cukup bilang "aqua" langsung saja si pedagang kaki lima memberikan air kemasan dalam botol, walaupun merk yang diberikan kepada si bapak bukan aqua.

Yang jadi pertanyaan gue, kenapa sih bapak tersebut tidak complain kepada si pedagang kaki lima? Bukannya bapak tersebut jelas-jelas menyebutkan merk aqua? Menurut gue, merk besar seperti aqua sudah diasosiasikan dengan air minum kemasan sehingga banyak orang yang menganggap botol air kemasan=aqua.

Dari cerita diatas, udah gue sebut salah satu dimensi dari brand equity yang ada menurut Kevin Keller. Sekarang gue akan jabarkan beberapa elemen yang terdapat di brand equity.
1. Brand Awareness
Brand awareness adalah kemungkinan dimana potential consumer tau akan merk dari sebuah produk/nama dari sebuah perusahaan

2. Brand Associations
Brand associations adalah hal-hal yang muncul di pikiran konsumen saat sebuah merk disebutkan.

3. Perceived Quality
Kualitas yang dipersepsikan oleh konsumen kepada suatu merk produk/perusahaan.

4. Brand Loyalty
Brand loyalty adalah kondisi dimana konsumen mau merekomendasikan produk dari sebuah perusahaan setelah ataupun sebelum memakai produk tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa dimensi dari brand equity dan setiap dimensinya berperan penting dalam perkembangan sebuah merk. Untuk penjelasan lebih dalam tentang brand equity, gue akan memberikan contoh beserta beberapa cara mengukur brand equity di entry selanjutnya. Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar