Selasa, 27 Januari 2015

Brand New Blog and it's about BRAND!



Apa sih yang dimaksud dengan BRAND? Kebanyakan dari mahasiswa juga merasa bingung saat diberikan pertanyaan yang sama oleh dosen di kelas Brand Management. Banyak mahasiswa yang malah memberikan terjemahan dari brand yaitu merk sebagai jawaban ada juga yang menyebutkan bahwa brand adalah sebuah identitas dari sebuah produk. Setelah beberapa jawaban muncul, dosen gue Rex bilang "Brand is a SHORCUT'. 

Yup, dosen gue bilang brand adalah sebuah jalan pintas. Kebanyakan dari kami malah mengerutkan alis. Rex pun akhirnya menjelaskan bahwa Brand dari sebuah produk adalah jalan pintas untuk meningkatkan sales. Setelah mendengar penjelasan lebih lanjut tentang brand, it definitely piqued my interest about brand.

Back to topic, What is a brand? Setelah googling singkat banyak sumber yang menyebutkan bahwa brand adalah sebuah identitas dari sebuah produk. Menurut gue pribadi sih brand punya peran yang lebih dari sekedar identitas dari sebuah produk. Contohnya simplenya sih Coca-Cola vs Pepsi.



Jadi, tahun 1970s Pepsi melakukan sebuah riset karena banyak konsumen lebih memilih Coca-Cola dibandingkan dengan Pepsi. Maka Pepsi pun mengadakan blind test taste dengan cara menuangkan Coca-Cola dan Pepsi kedalam dua gelas dan konsumen diminta memilih mana yang lebih enak. Guess what? Most of people choose Pepsi over Coca-Cola according to their taste. Jadi apa sih yang menyebabkan Coca-Cola punya lebih banyak market share? Yup! It's their BRAND. 

Dari contoh diatas terbukti bahwa brand bisa merubah persepsi konsumen tentang kualitas sebuah produk. Maka dapat disimpulkan bahwa brand lebih dari sekedar identitas dan memiliki peran yang penting bagi sebuah produk.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar